Minggu, 28 Maret 2010

Chrome dan firefox, pilih mana?

Kehadiran google chrome memang menambah jumlah pilihan untuk memakai browser menjelajahi internet yang luasnya minta ampun. Pada awalnya saya tidak tertarik menggunakan chrome yang saat itu masih versi beta walaupun sudah menunjukkan tanda-tanda yang menjanjikan. Tapi sejak versi 3 sampai versi terbarunya sekarang saya malah jatuh cinta dengan browser buatan google ini. Dulu salah satu hal yang membuat saya malas memakai chrome adalah belum adanya addon untuk menambah kekuatan chrome tapi sekarang beragam addon buat chrome tersedia untuk di pasang di chrome. Pun beragan themes untuk mengubah tampilan chrome pun di sediakan.

c1

Salah satu hal yang menarik dari chrome adalah setiap tab baru yang di buka pada bagian bawah situs-situs yang sering di kunjungi selalu ada tips-tips yang berguna untuk semakin mengoptimalkan kemampuan chrome. Dari pengalaman memakai chrome kecepatan membuka halaman situs memang tergolong cepat walaupun kadang mengalami crash sehingga harus di restart ulang. Mengelola addon di chrome pun tidak sulit karena addon tersebut muncul pada bagian depan chrome.

c2 

Kehadiran chrome di laptop saya menjadi teman yang cocok buat browser favorit saya lainnya yakni firefox. Kalau firefox sih tidak usah di ragukan lagi kualitasnya. Tapi di laptop saya firefox agak terlambat sedikit dari chrome saat di buka. Soal kecepatan firefox tidak kalah dari chrome. Sayangnya di firefox saat memasang addon baru browser harus di restart sedangkan di chrome hal itu tidak berlaku. Cukup menganggu.

MWSnap010

Jadi pilih mana chrome atau firefox? dari pengalaman memakai keduanya kalau saya sih memilih keduanya karena dua-duanya citarasa yang menarik untuk di gunakan. Bahkan tiap bulan saya bergantian menjadikan keduanya browser default di laptop saya.

0 komentar: