Kamis, 25 Maret 2010

Berhasil dan berkualitas (bagian 2)

Anda sudah membaca posting berhasil dan berkualitas sebelumnya? kalau iya bagian ini adalah kelanjutannya. Mari melihat salah satu hal yang dapat kita manfaatkan untuk berhasil yakni menciptakan peluang. Peluang adalah hal yang mutlak harus ada kalau seseorang ingin berhasil. Setidaknya seseorang bisa lebih baik dari sebelumnya entah itu posisi, pekerjaan atau mungkin gaji karena adanya peluang yang menghampirinya bukan.  Lalu seandainya peluang itu tidak juga datang, lantas harus bagaimana, menyerah? uups jangan…dont ever say give up… kalau peluang belum datang maka ciptakanlah peluang tersebut, buatlah peluang tersebut menjadi nyata… dengan apa? dengan apa yang ada padamu.

Menciptakan peluang sangatlah mudah asal seseorang tahu apa yang harus di lakukannya. Baca cerita di bawah ini :

Pablo memiliki usaha bengkel kecil-kecilan di dekat rumahnya. Selain bengkelnya di situ ada juga dua bengkel lain yang menjadi saingan pablo. Dalam sehari bengkel pablo biasanya mengerjakan order motor sekitar 2-3 motor. Terkadang malah hanya satu motor saja yang mampir untuk di perbaiki di bengkelnya. Dengan fakta seperti itu agaknya peluang pablo untuk mengembangan bengkelnya sulit terwujud. Walaupun usahanya belum berkembang di tambah dengan saingan bengkel lainnya pablo tidak menyerah. Dia Melakukan beberapa perubahan baru pada usaha bengkelnya dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan bengkelnya. Beberapa usaha itu antara lain pablo membuka bengkelnya lebih awal satu jam dari bengkel lainnya, ia juga membersihkan sekitar bengkelnya agar kelihatan bersih dan nyaman di pandang. Motor yang masuk untuk di servis pun di kerjakan dengan sebaik-baiknya dan di usahakan selesai tepat waktu. Selain itu pablo juga selalu meminta tolong para konsumennya untuk memberitahu keberadaan bengkelnya itu ke orang lain yang memiliki masalah dengan motornya. Beberapa bulan kemudian usaha bengkel pablo mengalami peningkatan jumlah motor yang masuk untuk di perbaiki selain itu ia juga bisa mempekerjakan orang lain untuk membantunya bekerja di bengkelnya tersebut. Pablo berhasil karena ia menciptakan peluang dengan apa yang di milikinya.

Bagaimana menurut anda? kalau peluang belum datang maka yang harus di lakukan adalah menciptakan peluang tersebut. Kalau anda berharap bisa di promosikan ke posisi yang lebih tinggi dari posisi anda sekarang maka buatlah hal-hal yang bisa membuat peluang anda untuk di promosikan menjadi terbuka lebar. Datanglah tepat waktu ke kantor, bekerjalah dengan rajin, tekun, penuh tanggung jawab, bekerjalah dengan baik jangan memakai komputer di kantor anda hanya untuk bermain game atau mengupdate status anda di facebook. Anda ke kantor untuk bekerja. Pelajari hal-hal baru yang bisa menambah pengetahuan anda bahkan memperlajari bidang lain pun bisa menjadi ide yang menarik. Bekerjalah dengan jujur jangan melakukan kecurangan yang tidak patut. Jadilah orang yang bisa di percaya dan di andalkan. Hormati orang lain walaupun anda mungkin lebih hebat dari orang lain. Ajar diri anda untuk disiplin. Waktu bekerja di salah satu perusahaan perkreditan berskala nasional di kota ini sebagai staf keuangan saya selalu mengusahakan untuk datang tepat waktu dan tidak berusaha untuk menitip absen pada teman kerja. Selain itu saya juga berusaha untuk secepat mungkin menguasai apa yang menjadi bidang kerja saya. Saya selalu mencoba untuk mengajar diri saya sendiri disiplin dengan aturan yang ada.

Jangan bermimpi menjadi besar kalau hal-hal kecil seperti datang tepat waktu ke kantor saja sulit anda lakukan. Kalau anda bermasalah dengan keterlambatan ke kantor maka cobalah untuk mengatasi hal tersebut. berangkatlah lebih awal agar anda tidak telat. Jangan malah membuat berbagai alasan dengan harapan pimpinan anda akan memaklumi alasan keterlambatan anda. Peluang hanya akan datang dan tercipta kalau seseorang melakukan hal-hal yang semestinya mendukung untuk peluang itu datang. Kalau anda seorang pimpinan di kantor apakah anda akan mempromosikan pengawai yang datangnya sering telat dengan alasan yang beraneka macam rupa, kerja tidak teratur dan selalu membuat massalah dengan pengawai lain? selamat menjadi pribadi yang berhasil dan berkualitas.

0 komentar: