Jumat, 26 Maret 2010

Me about facebook

Waduh kok belakangan jadi heboh facebook…gara-gara banyak kejadian yang menjurus ke arah yang tidak benar facebook jadi kontroversi. Sebagian orang menganggap facebook buruk karena bisa di salah gunakan untuk hal-hal yang tidak benar tetapi beberapa orang justru mendapat keuntungan dari situs jejaring sosial tersebut. Jadi mana yang harus di pilih dong…tergantung seseorang melihatnya dari sudut mana.

Banyak tayangan di televisi yang menunjukkan bagaimana facebook bisa membuat seorang anak di bawa lari oleh orang yang di kenalnya lewat facebook atau murid-murid di sebuah sekolah yang di hukum akibat menghina gurunya di facebook, dan banyak lagi kasus lainnya. Tetapi facebook juga menunjukkan wujudnya sebagai sarana yang tepat untuk menyampaikan pendapat atau menyatakan dukungan terhadap seseorang atau lembaga.

Pisau di tangan seorang yang pandai memasak bisa di gunakan untuk memotong ikan, sayur atau bawang dan mengolahnya menjadi makanan yang enak tetapi pisau di tangan orang jahat bisa di pakai untuk menodong orang lain atau membunuh. Tergantung siapa yang memakainya dan untuk tujuan apa. Begitu pula dengan facebook. Kalau di gunakan dengan niat yang benar facebook bisa menjadi sarana untuk bertemu dengan banyak orang secara online bahkan beberapa malah bisa bertemu kembali dengan teman lama, facebook pun bisa di jadikan sarana promosi atau marketing bagi orang-orang yang ingin menjual produknya di dunia maya sekaligus promosi gratis. Tetapi bagi orang yang punya niat jahat facebook malah di jadikannya untuk tempat ‘membunuh’ orang lain lewat kata-kata manis yang berakhir tragis.

Facebook pun awalnya di buat untuk tujuan yang baik. Orang-orang yang memakainyalah yang membuat apakah facebook di gunakan untuk hal yang baik atau buruk. Tidak ada salahnya dan ruginya memakai facebook asal jangan ketagihan saja sampai lupa dengan prioritas utama, asalkan di gunakan untuk hal-hal yang positif. Facebook adalah trend baru di dunia maya saat ini dan menunjukkan pada kita betapa manusia butuh interaksi dengan sesamanya, betapa manusia tidak mungkin bisa hidup seorang diri. Facebook dan internet secara luas merupakan tempat kita manusia untuk belajar, berkembang, berekspresi, berpendapat, menunjukkan diri kita pada dunia. Sesuatu yang mungkin bagi sebagian orang sulit di lakukannya di kehidupan nyata.

0 komentar: