Senin, 03 Mei 2010

Penyesalan tidak berarti

Setiap orang pasti berbuat salah. Tidak ada yang tidak melakukan kesalahan. Beberapa menyesali kesalahannya dan hidup dalam penyesalan yang berkepanjangan. Perbuatan yang salah memang selalu menghukum siapa saja dengan sangat menyakitkan.

Tetapi hidup dalam penyesalan berkepanjangan bukanlah sebuah keputusan yang bijaksana. Penyesalan tidak pernah akan menemui seseorang di depan selalu di belakang saat semua yang di lakukan telah terjadi. Penyesalan tidak pernah membuat segala sesuatu yang telah terjadi berubah menjadi baik kembali. Penyesalan tidak juga pernah akan membuat waktu bisa di putar kembali. Tidak ada gunanya penyesalan karena tidak ada yang perlu di sesali.

Kesalahan dan kebodohan yang terjadi akibat keputusan dan tindakan yang salah selalu memberi dua pilihan pada seseorang. Belajar dari kesalahannya agar kesalahan yang sama tidak lagi terulang di masa datang atau menghidupi penyesalan itu tanpa pernah mau keluar dan mencoba kesempatan-kesempatan baru yang datang.

Penyesalan bisa menjadikan seseorang menjadi lebih baik dan lebih bijaksana menjalani hidup kalau ia memandang positif segala yang telah terjadi. Setiap orang selalu punya kesempatan untuk lepas dan bangkit dari kegagalan serta kesalahannya karena sebenarnya kesempatan untuk menjadi lebih baik selalu ada selama manusia masih bernafas.

0 komentar: